HIPOTHYROID dan HYPERTHYROID

Thyroid
Kelenjar thyroid adalah salah satu kelenjar terbesar dalam tubuh kita. Kelenjar ini ditemukan pada leher bagian bawah dengan bentuk seperti kupu kupu(didekat Adam’s apple/jakun pada laki-laki) atau dapat kita ketahui saat kita menelan air liur maka kelenjar thyroid ini akan bergerak keatas. Kelenjar Thyroid membuat, menyimpan dan mensekresi hormon T3 (triiodothyronin) dan T4 (Thyroxine). Thyroid juga mengakumulasi iodine dari diet yang dimakan (untuk menghasilkan hormon thyroid). Hormon T3 dan T4 berfungsi mengatur metabolisme dalam tubuh (mempengaruhi setiap sel, jaringan dan organ dalam tubuh).Mekanisme kerja Kelenjar Thyroid :
Pada awalnya Hypothalamus akan menghasilkan TRH (Thyrotropine Releasing Hormone) yang akan memacu Kelenjar Pituitari (Hipofise) untuk menghasilkan TSH (Thyrotropine stimulating hormone), kemudian TSH akan memacu kelenjar thyroid untuk menghasilkan T3 dan T4. Jika hormon thyroid diproduksi dalam jumlah sedikit maka TSH akan meningkat nilainya untuk memacu agar kelenjar thyroid dapat menghasilkan T3 dan T4 dalam jumlah cukup. Sebaliknya jika terjadi peningkatan produksi T3 dan T4 maka TSH akan menurun jumlahnya agar tidak terbentuk T3 dan T4 lagi.

Hypothalamus—–TRH——–>Pituitary Gland——-TSH——>Kelenjar Thyroid——-> T3 dan T4

Hypothyroid
Hipothyroid adalah suatu keadaan dimana produksi hormon thyroid oleh kelenjar thyroid tidak mencukupi. Kretinisme adalah salah satu bentuk hypothyroid.
Penyebab : Kekurangan iodium, Penyakit Hashimoto, kekurangan hormon dari hipothalamus dan pituitari,gangguan autosum (genetik).
Hypothyroid memiliki 3 Type :

1. Primer (Termasuk tipe yang paling sering muncul,gangguan pada kelenjar thyroid,dapat disebabkan karena penyakit Hashimoto (penyakit autoimun) ataupun penggunaan
radioiodine pada terapi hyperthyroid)
2. Sekunder (Terjadi apabila kelenjar pituitari menghasilkan TSH dalam jumlah yang tidak mencukupi). Gangguan ini dapat disebabkan karena adanya kerusakan pada kelenjar pituitari
(tumor, radiasi atau pembedahan).
3. Tersier (Ketika Hypothalamus gagal memproduksi TRH. Padahal TRH berfungsi merangsang Kelenjar Pituitari untuk menghasilkan TSH)

Gejala
* Otot melemah, lemas, tidak suka udara dingin, depresi, kram otot, nyeri sendi, pucat, jarang berkeringat, kulit kering, gatal, denyut jantung lambat(bradicardi), konstipasi(sembelit)
* Bicara lambat, serak
* Gangguan siklus menstruasi
* Suhu tubuh rendah

Gejala Penyerta
* Gangguan daya ingat
* Susah berkonsentrasi
* Kadar gula darah rendah
* Rambut rontok
* Anemia
* Gangguan menelan
* Nafas pendek dan dangkal
* Mengantuk
* Gangguan fungsi ginjal
* Peningkatan kolesterol serum
* Penurunan libido
* Pembesaran payudara pada laki-laki (gynecomasti)

Hyperthyroid
Hyperthyroid adalah suatu keadaan dimana kelenjar thyroid bekerja berlebihan (overactive) sehingga menghasilkan hormon Thyroid (T3 dan T4) dalam jumlah berlebihan pula.
Hormon Thyroid berfungsi untuk regulasi metabolisme tubuh dan menjaga fungsi normal sel. Jika hormon ini berlebih maka akan terjadi overstimulasi metabolisme dan meningkatkan efek sistem saraf simpatis sehingga menyebabkan peningkatan kecepatan sistem tubuh, termasuk peningkatan frekuensi denyut jantung, berdebar-debar, tremor(tangan bergetar), cemas, gangguan pencernaan (diare) dan penurunan berat badan.

Gejala
Gejala utama : Penurunan berat badan biasanya disertai dengan peningkatan nafsu makan,kecemasan, tidak tahan panas, lemas, rambut rontok, aktivitas berlebih, depresi, sering kencing, tremor, oedema (bengkak) pada kaki dan berkeringat. Kadang-kadang disertai gejala berdebar, arrhytmia (denyut jantung tidak teratur), sesak napas, libido menurun, mual, muntah, diare. Hyperthyroid yang dalam jangka waktu lama tidak diobati dapat menyebabkan osteoporosis.

Thyrotoxic crisis merupakan komplikasi hyperthyroid yang jarang terjadi, dimana kondisi pasien menjadi sangat parah. Gejalanya berupa peningkatan suhu tubuh sampai 40o C, takikardi (peningkatan denyut jantung), aritmia (denyut jantung tidak teratur), mual, muntah, diare, dehidrasi (kekurangan cairan), koma dan kematian.

Dignosis :
Diagnosis ditegakkan dari riwayat gejala yang dialami, pemeriksaan fisik, USG Thyroid, dan Pemeriksaan Laboratorium (TSH, T3 dan T4)
Fungsi Thyroid yang normal sangat penting untuk kesehatan tubuh menyeluruh.
Kelainan thyroid adalah hal umum (terutama pada wanita) dan sering terjadi tanpa dapat didiagnosa.
Meskipun belum terdapat konsensus internasional, akurasi pengukuran TSH secara umum merupakan tindakan pertama yang terbaik untuk mendiagnosis gangguan thyroid.

Dr metalia (dokter konsultan medis)
Laboratorium Klinik Pramita Yogyakarta

About Saiful Anwar

Simple, ga mau sesuatu yang berlebihan.. Cukup nikmati saja tentang diri sendiri apa adanya

Posted on 24 May 2010, in Kesehatan. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: