Website Favorit Diblok? Cari Jalan Keluarnya!

Kalo di kantor, kampus, atau sekolah, biasanya ada aja website yang diblok. Kalo yang diblok model kayak website bokep sih itu wajar-wajar aja & emang harus. Emangnya yang punya komputer mau komputernya jadi sarang virus gara-gara yang make buka bokep melulu? Nah, kalo buat website-website lain (terutama yang asik-asik, contoh: YouTube, One Manga), ya harus kita usahain biar bisa kebuka lah. Cara ngebuka website yang diblok sih tergantung kreativitas si user yang ngebet banget kepengen buka itu website. Tapi yang udah pernah gw pake gw kasih tau deh. Ada yang pernah sukses, ada yang sukses sampe sekarang, ada juga yang gagal melulu, tapi mungkin bisa dikerjain di tempat lain.

Cara I: Website Proxy

Ini cara paling gampang. Buka aja website proxy macem Ninja Cloak, VTunnel, atau yang lain. Terserah deh mau make yang mana. Dulu sih gw paling suka pake Ninja Cloak sebelum Ninja Cloak ikutan masuk ke daftar website yang diblok. Tapi berhubung sekarang website-website macem beginian udah diblok juga, gw perlu pake cara lain. Awalnya sih ini satu-satunya cara yang gw pake ngadepin blokir website, tapi gara-gara website proxy pada diblokir juga, ya gw harus tambah pinter juga.

Cara II: Buka Pakai IP Address

Cara I gagal? Pake cara II. Caranya, buka command prompt (di Windows) atau terminal/konsole (di Linux), lalu ketik ‘PING<spasi>ALAMAT DNS WEBSITE’. Mirip sama yang SMS ‘REG<spasi>APALAH ITU’ yang sering diiklanin di tipi-tipi loh. Misalnya gw nyari IP address One Manga, jadi gw harus ketik ini.

ping http://www.onemanga.com

Nggak pake ‘www’ juga nggak apa-apa. Ntar IP addressnya bakal muncul. Kalo nggak muncul, search aja di Google pake keyword ‘one manga ip address’, ntar juga ketemu. Kalo udah dapet, ketik (atau copy-paste) IP address yang didapet ke tempat buat nulis URL di browser. Kalo yang diblok cuma DNSnya aja, IP address pasti bisa dipake ngakses websitenya kok.

Cara III: Buka Website Proxy Pake IP Address

Kalo website proxy diblok & buka pake IP address nggak selancar itu, coba aja gabungin dua cara itu. Gw pake cara ini, soalnya One Manga bisa gw buka pake IP address, tapi pas masuk ke halaman buat baca komiknya gw masih diblok. Jadi, buka aja website proxy pake IP address & pake website proxynya kayak biasa. Kalo mau gampang sih gw kasih nih IP addressnya VTunnel: 204.152.215.117 & 67.159.47.173, pake aja salah satu. Dua-duanya nyambung ke VTunnel, yang pertama gw dapet dari ping, yang kedua gw dapet dari googling. Kalo gw gak salah sih masih ada yang lain, googling aja pake keyword ‘vtunnel ip address’ atau ‘ninjacloak ip address’.

Cara IV: Jangan Pakai Windows atau Hack Account Admin

Yak, jangan pake Windows. Kenapa? Tergantung situasinya sih, tapi kalo kasus gw sih blokirnya cuma jalan di komputer yang aplikasi NetSupportnya jalan doang. Kalo nemu komputer yang NetSupportnya mati, itu komputer nggak kena blokir. NetSupportnya jalan pas startup Windows & nggak bisa dimatiin pake Task Manager (Ctrl+Alt+Del atau Ctrl+Shift+Esc) atau dihilangin dari startup kecuali sama admin. Jadi, pilihan ada tiga:

  • Pake keylogger & pancing adminnya buat masukin password admin di komputer yang dipasangin keylogger. Kalo udah dapet, tinggal login pake account admin & matiin NetSupportnya, tapi gw belum nyobain ini cara.
  • Pake aplikasi-aplikasi pembobol password, cari aja di Google. Tapi gw gagal pake cara ini, soalnya itu aplikasi diblok semua. Kalo dapet passwordnya, ya login aja pake account admin kayak di poin pertama.
  • Pake Linux. Yak, Linux! Bingung gimana caranya make Linux di komputer yang cuma ada Windowsnya? Gampang kok, download aja live CD salah satu distro Linux yang nyediain live CD, terus burn ke CD. Yang waktu itu gw pake sih Ubuntu, tapi gagal. Waktu make Linux komputernya cuma bisa konek ke LAN & nggak bisa nyambung ke internet, tapi gw baru nyobain sekali di satu komputer. Belum gw cobain lagi di komputer yang lain atau pake distro Linux yang lain yang gw punya live CDnya (gw masih punya live CD Fedora, Linux Mint, & CD image live CD openSUSE). Cara makenya, pas komputer nyala, atur boot settingnya & bikin komputer ngeboot dari CD/DVD, lalu masukin live CD Linux. Linux siap dipake tanpa install.

Cara V: Cached/Tembolok Google

Kalo semuanya nggak jalan, ini cara terakhir yang gw tau. Search di Google page yang mau diliat dari website yang diblok, waktu muncul di Google Search, klik tulisan ‘tembolok’ (kalo pake bahasa Indonesia) atau ‘cached’ (kalo pake bahasa Inggris). Website yang nggak bisa dibuka itu pasti bisa kebuka, tapi cuma page yang nongol di Google Search itu doang. Kalo mau buka page lain dari itu website, search lagi pagenya dari Google, lalu klik ‘tembolok’/’cached’ lagi. Agak repot sih, tapi yang ini kemungkinan gagalnya kecil, soalnya Google masuk ke dalam daftar kebal blokir (baca: nyaris nggak mungkin diblokir, soalnya ini termasuk website yang penting, bakal nyusahin kalo nggak bisa diakses). Kalo Google juga diblokir? Ya cari cara sendiri, gw juga belum tau cara lain selain 5 cara ini.

About Saiful Anwar

Simple, ga mau sesuatu yang berlebihan.. Cukup nikmati saja tentang diri sendiri apa adanya

Posted on 3 May 2010, in Networking. Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. Tambahan aja nih gan: coba pake http://www.similar-site.com untuk mencari situs-situs serupa ninjacloak atau vtunnel. Saya dah nyobain, terbukti ampuh kok.
    Tambahin di tipsnya ya…😀

Leave a Reply

