Tahukah anda ? Jalan masuk penyakit ke dalam tubuh kita

Salam sehat. Hukum sebab akibat memang benar adanya. Logisnya ada sebab dan akibat. Begitupula orang yang sakit pasti ada sebab. Sebab inilah yang mesti kita ketahui ( tahukah anda? jalan masuk penyakit ke dalam tubuh      kita ).   Penyakit yang muncul dari tubuh kita pasti tidak datang dengan sendirinya. Jelas ada jalur masuknya ke dalam tubuh kita.  Saya menyebutnya sebuah faktor resiko. Tahukah kita bahwa suatu penyakit yang timbul karena adanya penetrasi pathogen yang masuk ke dalam tubuh kita. Jelas harus kita cegah. Sekarang yang menjadi pertanyaan kita, dari mana saja jalan  masuk penyakit sehingga masuk ke dalam tubuh kita ? berikut uraiannya :

  1. Kulit. Penyakit yang melalui kulit  berhubungan dengan penyakit yang menjadikan kulit sebagai perantara dan sekaligus sebagai pintu masuk kuman. Contohnya penyakit panu, kudis, kusta dan banyak lagi.
  2. Gigitan nyamuk. Gigitan nyamuk pada dasarnya sama dengan jalur masuk melalui kulit hanya saja caranya yang berbeda. Contohnya penyakit malaria, demam berdarah dengue, chikungunya dll
  3. Udara. ini kaitannya dengan sistem pernafasan.  Bisa hidung dan mulut. Ada banyak penyakit yang menjadikan udara sebagai perantara untuk masuk ke dalam tubuh kita. Udara yang kita hirup mengandung kuman, bakteri atau virus yang berbahaya bagi kesehatan kita. Contohnya penyakit H1n1, Ispa, TBC
  4. Tranfusi darah. Jalur masuk yang satu ini sekarang menjadi perhatian yang serius. Pasalnya ini adalah cara modern metode penularan penyakit ke dalam tubuh manusia. Sterilisasi kunci utama agar terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh transfusi darah ini. Cek dulu apa dan alat apa yang digunakan  untuk  transfusi ke dalam tubuh kita. Contohnya hepatitis dan HIV
  5. Hubungan sex. Banyak yang beranggapan jalur ini adalah jalur “ sengsara membawa nikmat “. Dari hubungan sex yang tidak aman kita dapat tertular berbagai penyakit mengerikan contohnya, HIV, Gonoroe, Sipilis dan masih banyak lagi.
  6. Makanan. Jalur masuk penyakit melalui makanan saat ini merupakan jalur masuk yang sangat dominan. Apa yang kita makan bisa saja menjadi sumber penyakit belum lagi kebersihan dari makanan tersebut. Sifatnya ada yang cepat dan ada juga yang lambat. Yang cepat biasanya seperti keracunan makanan, kalau yang lambat contohnya  karena pengaruh bahan kimia dalam makanan itu sendiri .
  7. Air. Jalur masuk melalui air bisa disebut water borne disease. Seperti penyakit diare.
  8. Peralatan yang tidak steril.

Semoga bermanfaat. Sebetulnya masih banyak lagi jalan masuk penyakit ke dalam tubuh kita. Uraian di atas hanyalah sebagian kecil saja dan umum untuk kita ketahui. Jalur masuk penyakit ke dalam tubuh kita yang perlu kita waspadai. Sobat punya pengalaman lain atau referensi lain untuk menambah wawasan kita. Silahkan berbagi.

About Saiful Anwar

Simple, ga mau sesuatu yang berlebihan.. Cukup nikmati saja tentang diri sendiri apa adanya

Posted on 3 May 2010, in Kesehatan. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: