Mau Jadi Hacker? Hacker yang Mana?

PERHATIAN!

Post ini nggak dibuat untuk ngajarin pembaca jadi hacker, jadi jangan protes kalo tetep nggak bisa ngehack habis baca ini post. Lagian yang nulis juga bukan hacker, cuma tau-tau dikit aja soal toolsnya. Tapi minimal jadi lebih pinter dikit lah, biar lebih tau (buat yang belum tau, kalo udah tau mah ya udah).

Oke, mungkin ada sedikit masalah dengan judulnya. Keliatannya bikin bingung? Emang bikin bingung, soalnya kata ‘hacker’ sendiri bisa diartiin jadi 3, kayak yang di bawah ini.

  1. Hacker: programmer yang seneng ngutak atik program, ngembangin program yang udah ada, & nyebarin program yang dia buat dengan gratis + source codenya. Kalo jaman sekarang sih kayak programmer-programmer yang coding buat software open source lah. Kalo arti hacker yang ini sih lebih ngarah ke pujian. Disebut hacker itu jadi semacem gelar kehormatan deh. Contoh: Linus Torvalds.
  2. Hacker: orang yang hobi ngutak atik software atau hardware di komputernya sendiri. Yang ini sih mungkin lebih normalnya disebut maniak komputer.
  3. Hacker: orang yang nguasain jaringan & keamanan komputer. Kalo orang nyebut kata ‘hacker’, biasanya maksudnya yang ini. Contoh: Kevin Mitnick.

Atau bisa juga ditambahin arti yang keempat: script kiddie. Script kiddie itu bisa dibilang hacker abal-abal lah, soalnya script kiddie nggak terlalu nguasain jaringan atau keamanan komputer (atau mungkin nggak ngerti sama sekali). Mereka ngehack pake tools yang dibikin orang lain yang mereka dapet.

Oke, kalo orang yang biasa ngesearch di internet soal gimana caranya jadi hacker itu biasanya maksudnya antara hacker di poin nomor 3 atau script kiddie. Poin nomor 2 kayaknya nggak perlu penjelasan lebih lanjut, kalo poin nomer 1 sih caranya simpel aja, tapi gw bakal bahas dikit.

Kalo untuk poin nomer 1 sih caranya simpel aja: belajar programming. Terserah mau pake bahasa apa, tapi yang biasanya dipake sih (yang biasa gw liat di repository Ubuntu) pake bahasa Python, Ruby, C, atau C++ (ada lagi yang mau nambahin?). Tapi kalo mau buat dipelajarin sendiri dari awal (baca: otodidak), disaranin pake Python apa Ruby aja. Soalnya bahasanya lebih manusiawi dibandingin dengan C atau C++. Kalo gw sendiri sih bisa make 2 bahasa pemrograman, Python & C. Pythonnya gw belajar sendiri (waktu ini post ditulis baru sekitar 1 bulan lebih), kalo C diajarin di kampus.

Kalo maksudnya hacker di poin nomer 3, download aja toolsnya, & jangan lupa: virtual machine. Toolsnya sih gw nggak tau namanya apa, tapi kalo mau gampang pake aja OS BackTrack, soalnya di situ toolsnya udah lengkap. Lagian emang BackTrack dibikin buat penetration testing kok, makanya isinya lengkap. Tinggal pelajarin aja gimana cara makenya. Terus buat apa virtual machine? Ya buat jadi korban hacknya lah, soalnya nggak ada 1 orang pun yang gw kenal yang cukup bodoh buat ngehack komputernya sendiri (kalo gw sih mungkin aja, udah biasa gw rusakin gara-gara gw utak atik nggak jelas, tapi bukan ngehack loh!). Untuk virtual machinenya sih pake VirtualBox aja, gratisan sih. Di virtual machinenya jangan lupa install Windows XP (yang bajakan aja), soalnya kalo kata orang sih gampang dibobol, & gw sendiri udah pernah ngeliat demo gimana caranya hacker bisa ngendaliin Windows XP SP2 dari komputer yang pake BackTrack 4. Dalam 5 menit aja udah bisa dikendaliin komputernya.

Kalo nyobain hacking, jangan nyobain yang aneh-aneh aja kalo baru belajar. Yang jago aja bisa ketangkep kok, apalagi yang baru belajar. Terus kalo nggak mau jadi korban sih jangan pake Windows bajakan, soalnya security holenya nggak bisa dipatch gara-gara nggak bisa terima update dari Microsoft. Oke, gw sendiri pake Windows bajakan (Windows XP & Windows 7), jadi gw gak bakal berkoar-koar nyuruh beli Windows original. Tapi gw dual boot sama Linux & Windows cuma gw pake kalo ngerjain tugas yang emang perlu software-software yang cuma ada buat Windows atau kalo gw lagi mau main game (gw nggak nginstall WINE di Linux, jadi gw nggak bisa jalanin program Windows di Linux). Windows bisa dicrack? Emang bisa sih, ngecracknya juga nggak susah-susah amet, tinggal googling aja. Masalahnya, aplikasi yang dipake buat ngecracknya itu biasanya ada malwarenya. Tapi kalo gw sih nggak begitu keberatan kalo ada 1-2 Trojan di komputer gw, soalnya nggak ada yang penting juga isinya. Kalo gw lebih milih kena malware daripada bayar mahal sih.

Kalo buat jadi script kiddie? Gampang, download aja tools kayak Faceboax (pembobol account Facebook), John The Ripper, dll. Bisa langsung pake, tapi belum tentu sukses. Gw sih kadang-kadang make tools semacem John The Ripper buat nyobain ngebobol account admin Windows Vista di komputer perpus kampus gw, buat ngematiin blokiran websitenya, cuma sialnya ternyata aplikasi John The Rippernya juga diblok, jadi nggak sukses.

About Saiful Anwar

Simple, ga mau sesuatu yang berlebihan.. Cukup nikmati saja tentang diri sendiri apa adanya

Posted on 3 May 2010, in Networking. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: