Lima Langkah Persiapan Menjelang Persalinan

Seorang ibu yang akan melahirkan tentunya haruslah dapat mempersiapkan segala sesuatunya menjelang persalinan. Saya pikir kita sepakat akan hal ini.

Melahirkan atau persalinan merupakan ujung dari proses mengandung atau hamil. Saya berharap semua ibu-ibu di indonesia tetap sehat saat hamil. Proses kehamilan juga tidak lepas dari bagaimana agar cepat hamil termasuk bagaimana posisi-posisi bercinta agar cepat hamil.

Dalam mempersiapkan persalinan ataupun melahirkan tergantung pada persepsi kita masing-masing. Sangat subjektif memang. Ada yang terbentur dengan adat dan ada pula terbentur dengan dana.

Tetapi saya ingin berbagi pengalaman saya mengenai bagaimana saat mempersiapkan persalinan ketika istri saya akan melahirkan anak saya yang pertama. Repot memang apalagi akan melahirkan anak pertama. Tentunya belum punya pengalaman.

Berikut ini beberapa persiapan yang saya lakukan menjelang proses persalinan istri saya :

a. Persiapan psikologis dan fisik

Persiapan psikologis adalah hal yang paling pokok bagi seorang ibu yang akan melahirkan. Apalagi pada seorang ibu muda yang akan melahirkan anak pertama. Persiapan mental juga merupakan faktor terpenting dalam mempersiapkan persalinan termasuk di dalamnya dukungan suami. Untuk persiapan fisik, saya ajak istri saya jalan pagi hari.

b. Persiapan medis

Mengapa persiapan medis ini menjadi penting ?. Istri  saya anjurkan  untuk periksa Hb, Gol darah dan tekanan darah serta pemeriksaan penunjang lainya. Menurut saya ini penting untuk menjaga-jaga agar apabila terjadi sesuatu yang tidak di inginkan dapat dilakukan tindakan cepat.

c. Persiapan teknis

Menurut saya ini lebih kepada dimana kita akan melahirkan dan persiapan perlengkapan pasca persalinan.  Untuk tempat persalinan tentunya banyak pilihan diantaranya, Dirumah kah ? puskesmas ? atau di rumah sakit. Dengan melihat kondisi ibu pada waktu menjelang persalinan. Saya pikir tidak mungkin misalnya, pada pemeriksaan akhir menjelang persalinan istri kita dinyatakan oleh dokter terdapat kendala pada letak janin dan memerlukan operasi, lantas kita melahirkan dirumah.

d. Persiapan kesehatan

Ini menurut saya, pastikan ibu hamil mendapatkan suntikan imunisasi TT ( Tetanus Toxoid ) dan minimal melakukan pemeriksaan 4 kali selama kehamilan.

e. Persiapan tak terduga.

Siapkan lah segala sesuatu yang tidak terduga.

Lima langkah persiapan menjelang persalinan diatas hanyalah penglaman saya. Apakah sobat punya pengalaman lain ?

source : http://www.sobatsehat.com

About Saiful Anwar

Simple, ga mau sesuatu yang berlebihan.. Cukup nikmati saja tentang diri sendiri apa adanya

Posted on 3 May 2010, in Kesehatan. Bookmark the permalink. 1 Comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: