Cara Cegah Kanker Payudara dengan Periksa Payudara Sendiri ( SADARI )

Cara cegah kanker payudara dengan periksa payudara sendiri ( SADARI )

Kanker payudara memang mengerikan dan membuat risau para wanita. Tetapi ada cara terbaik untuk dapat terhindar dari penyakit tersebut. Cara tersebut adalah dengan mencegahnya. Banyak cara mencegahnya dan salah satunya adalah dengan SADARI. Pemeriksan payudara sendiri. Berikut beberapa langkah pemeriksaan payudara sendiri yang saya sarikan dari berbagai sumber.

–          Pertama-tama, perhatikan kedua payudara. Berdirilah didepan cermin dengan tangan disisi tubuh dan liat apakah ada perubahan pada payudara. Lihat perubahan dalam hal ukuran, bentuk atau warna kulit atau jika ada kerutan,  lekukan seperti lesung pipit pada kulit.

–          Perhatikan kembali kedua payudara sambil mengangkat kedua tangan diatas kepala, dilanjutkan dengan meletakan kedua tangan di pinggang sambil menekan agar otot dada berkontraksi. Bungkukkan badan untuk melihat apakah kedua payudara menganntung seimbang. Lalu dengan lembut tekan masing-masing puting dengan ibu jari dan jari telunjuk untuk melihat apakah ada cairan yang keluar.

–          mulailah dari daerah putting lakukan perabaan payudara. Pemeriksaan ini dapat dilakukan sambil berdiri atau berbaring, akan lebih membantu bila diletakkan sebuah bantal di bawah pundak sisi payudara yang akan di periksa.

–          Angkat lengan kiri keatas kepala. Gunakan tangan kanan untuk menekan payudara kiri dengan ketiga jari tengah ( telunjuk, tengah, manis ). Mulailah dari daerah putting susu dan gerakkan ketiga jari tersebut dengan gerakan memutar di seluruh permukaan payudara.

–          Rasakan apakah terdapat benjolan atau penebalan. Pastikan untuk memeriksa daerah yang berada di antara payudara, dibawah lengan dan di bawah tulang selangka.

–          Angkat lengan kanan ke atas kepala dan ulangi pemeriksaan untuk payudara sebelah kanan dengan menggunakan tangan kiri.

–          Jika payudara biasanya memiliki benjolan, harusdi ketahui berapa banyak benjolan yang teraba beserta lokasinya.

–          Bulan berikutnya, harus diperhatikan apakah terdapat perubahan ukuran maupun bentuk benjolan tersebut dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

–          Jika ada cairan dari putting yang tampak seperti darah atau nanah, pada ibu yang tidak menyusui, maka harus segera menemui petugas kesehatan untuk memeriksa diri lebih lanjut.

Dengan menggunakan pemeriksaan payudara sendiri yang sama setiap bulan, akan membantu untuk mengetahui apabila ada perubahan yang terjadi.

    Mungkin sobat sehat punya pendapat lain ? saya harap dapat berbagi.

About Saiful Anwar

Simple, ga mau sesuatu yang berlebihan.. Cukup nikmati saja tentang diri sendiri apa adanya

Posted on 3 May 2010, in Kesehatan. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: