7 Trik yang Saya Lakukan untuk Menjadi Nomor 1 di Google

Menjadi nomor 1 di Google merupakan salah satu target yang diinginkan para blogger. Mengapa? Pertama, Google adalah mesin pencari yang paling banyak digunakan orang di seluruh dunia sehingga peluang menjaring pengunjung semakin besar. Kedua adalah prestise (gengsi).

Tak heran muncul istilah search engine optimization (SEO) yaitu upaya yang dilakukan untuk mengoptimisasi blog atau situs agar posisinya relatif baik di mesin pencari. Upaya ini dibagi menjadi dua yaitu optimisasi dalam blog (SEO on page) dan optimisasi off page (SEO off page). Pada postingan ini saya berbagi trik-trik yang saya lakukan untuk menjadikan blog atau postingan saya menempati posisi nomor satu di Google.

Rekam Jejak

Agar tidak hanya sekadar teori, saya informasikan rekam jejak (track record) saya di SEO. Saya mengenal istilah ini ketika mulai ngeblog di wordpress gratisan. Dengan lugunya saya menyerap beberapa tutorial dari blog dalam negeri. Hasilnya, saya bingung.

Akhirnya, kebingungan ini pudar setelah saya membaca e-book karya Brad Callen yang berjudul SEO Made Easy. E-book ini berisi dasar-dasar SEO on page dan off page yang bagus dibaca bagi pemula. Silakan cari judul e-book tersebut di Google kalau Anda menginginkannya.

Dengan e-book tersebut saya untuk pertama kalinya mengikuti kontes SEO. Setelah 2 bulan melakukan optimisasi, blog gratisan saya muncul di urutan kelima. Sayangnya, hasil ini tidak diakui penyelenggara, padahal pemenang pertama kontes ini sudah mengucapkan selamat kepada saya.

Terlepas dari itu, saya tetap menggunakan tips dari Brad Callen bila saya hendak melakukan SEO. Tidak semua postingan saya optimisasi, namun beberapa saja yang mungkin saja banyak dicari orang.

Studi Kasus

Beberapa hari lalu, di komentar spam ada sahabat yang bertanya begini: ” SEO lu pake apa koq bisa muncul di nomor 1 gan? Web gw aja blom bisa di page 1 sampe sekarang“. Pertanyaan itu dipicu oleh Problogkator yang menempati posisi pertama untuk kata kunci jasa pembuatan blog.

Sebagai informasi tambahan, saya juga melakukan optimisasi beberapa postingan di blog-blog yang saya miliki. Berikut ini adalah screen shootnya dari Google.co.id (diambil saat tulisan ini dibuat dan bisa berubah sewaktu-waktu).

About Saiful Anwar

Simple, ga mau sesuatu yang berlebihan.. Cukup nikmati saja tentang diri sendiri apa adanya

Posted on 3 May 2010, in Blogging. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: