Menginstall Web Server untuk Joomla, WordPress di Windows

F
feature photoSebelum kita menginstall Joomla ataupun wodpress di komputer kita yang berbasis Windows, sebelumnya kita harus menginstall webserver for windows, MYSQL, PHP PHPmyadmin, kenapa kita mesti menginstall semua itu lagi di windows kita, karena Joomla atau wordpress dan CMS lainnya berbasiskan PHP dan memakai database Mysql, dimana PHP bisa berjalan dengan adanya web server yang mendukung PHP contohnya Apache.

Baik kita tidak akan membahas terlalu jauh bagaimana itu Apache dan PHP ataupun Mysql, kita kembali ke Laptop maksud saya ke Webserver for Windows tadi.

Untuk bisa menjalankan Joomla atau CMS lainnya yang berbasiskan PHP, Mysql kita harus menginstal Apache sebagai webservernya, PHP untuk menjalankan script PHP Nya dan Mysql untuk databasenya selain itu kita perlu Phpmyadmin untuk mengelola database.

Kalau kita menginstall satu-satu report juga kita, namun jangan khawatir karena beberapa webserver yang sudah bundleingt dengan PHP, Mysql, Phpmyadmin dan lainya. Ada beberapa webserver for Windows yang kita bisa pakai untuk menjalankan CMS joomla dan lainnya di komputer yang berbasiskan Windows. Webserver for Widows yang bisa kita pakai diantaranya:

  1. Xampp Download di  Sini
  2. Msas Download di  Sini
  3. Wamp Server Download di  Sini
  4. Appserver Download di Sini
  5. HP Triad Download di Sini
  6. Abyss Web Server Download di Sini
  7. Dan Webserver Lainnya

Baik saya tidak akan membahas semua webserver diatas, karena pada prinsipnya semua sama tinggal Anda suka yang mana. Saya akan bahas salah satunya saja yaitu Xampp yang menurut saya sudah lengkap juga.

Cara Install Xmapp di Windows

  1. Download Xampp versi terakhir di sini
  2. Setelah di download buka file Klik kanan lau Install (Proses install seperti biasanya saja)
  3. Setelah Xampp di install pada Server anda jika anda tidak merubah setingan atau Depault maka Xampp akan terlihat di bawah Drive C : Komputer Anda

Seperti pada gambar dibawah ini:

Dan dapat dilihat subfolder yang terdapat pada Folder utama Xampp:

Secara depault Xampp akan menjalankan beberapa program sekaligus, dan untuk menjalankan joomla minimal 2 saja sudah cukup yaitu Apache dan Mysql dan bila anda akan menjalankan program lainnya silahkan saja anda berkreasi sendiri :

Baik sampai disini Webserver sudah bisa bekerja di Komputer anda yang berbasiskan Keluarga Jendela (Windows) untuk mengeceknya anda bisa mengetikan url berikut http://localhost pada Aplikasi Browser kesukaan Anda. Jika keluar Tampilan berikut maka Xampp anda sudah bisa anda mainkan.

Ok Menginstall Webserver sudah di lakukan, Sekarang tinggal menginstall Joomla pada webserver Xampp

About Saiful Anwar

Simple, ga mau sesuatu yang berlebihan.. Cukup nikmati saja tentang diri sendiri apa adanya

Posted on 23 April 2010, in Blogging. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: