Mengenal CMS Joomla

Joomla merupakan Content Management System (CMS) yang sudah dikenal setelah Mambo yang merupakan saudara tua Joomla. Kini Joomla banyak di pakai oleh web-web pemerintahan maupun perusahaan2. Nah walaupun tahu sedikit, saya ingin belajar bersama disini bagaimana cara kita membangun website dengan CMS Joomla.

Sebelum melangkah lebih jauh saya ingin jelaskan sedikit apa itu CMS sudah saya tulis di atas CMS adalah merupakan suatu aplikasi berbasis web yang memiliki system sedemikian rupa sehingga memberikan kemudahan kepada pemakainya.

Saya tidak ingin membandingkan antara CMS satu dengan yang lainnya yang jelas menurut saya diantara CMS itu pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Jadi bagi kita yang ingin belajar saya kira satu saja sampai ngelotok alias bisa banget itu sudah bagus sekali…gaya kayak saya sudah Jago aza hi..hi…

Kembali ke Joomla mugkin di dalam Intentet sudah banyak sekali artikel mengenai Joomla, tapi gak apa2 saya akan menjabarkan tentang Joomla menurut caraku sendiri..toh ini blog milik aku selain sebagai diary buat aku, mungkin bagi yang memerlukan ini sangat berarti sekali siapa tahu gaya saya menuturkan mudah di pahami bagi sebagian rekan lain..ya gak..

Joomla mulai di perkenalkan awal tahun 2006 hasil karya para developer Mambo versi 4.5.3 sejak itulah Joomla mulai berkembang pesat, selain berbasis Open Source di bawah licency GPL . Joomla saat tulisan ini di tulis sudah mencapai Versi 1.0.15 selain versi 1.0 joomla juga telah merilis versi 1.5 yang kini telah mencapai versi 1.5.7.

Yang ingin saya belajar bersama di blog ini bareng anda yaitu versi 1.0.XX

Sebagai acuan untuk tulisan kedepannya saya akan mulai belajar bersama mengenai Joomla mulai dari:

1. Cara menginstal Joomla di server local berbasis Windows yang meliputi,

2. Menginstall Joomla di webserver local berbasis Windows

3. Cara menginstal Joomla di public server dengan nama domain kita

  • Install Joomla secara manual
  • Instal Joomla memakai Fantastico

4. Tehnik -tehnik joomla lanjutan seperti

  • Menginstall Modul, Component, Language, Mambot, plugin
  • Teknik-teknik modifikasi
  • Membuat Template sendiri
  • Teknik memindahkan joomla dari satu server ke server lainnya
  • Trial & Eror dan cara mengatasinya

source : http://www.tarjoni.com

About Saiful Anwar

Simple, ga mau sesuatu yang berlebihan.. Cukup nikmati saja tentang diri sendiri apa adanya

Posted on 23 April 2010, in Blogging. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

