Kemananan Sistem Informasi – Hacker & Cracker

Materi kuliah keamanan sistem informasi akan membahas tentang pengertian hack, hacker, crack, cracker, kompetensi hacer, etika dan kode etik hacker, tujuan hacker dan tips menjadi hacker menjadi hacker.
Hacker

Ilustrasi Hacker
Hack dan crack

Kegiatan hacking adalah pekerjaan yang dilakukan secara cepat dan berhasil, walau tidak sempurna. Suatu hal Mustahil, dan mungkin menghabiskan banyak waktu tetapi

menghasilkan yang diinginkan untuk membuktikan baik secara emosional ataupun fisik bahwa ini bisa dilakukan. Kegiatan hacking dilakukkan secara bersungguh-sungguh, dengan ketelitian yang tinggi dalam berinteraksi dengan komputer dalam bermain dan bereksplorasi

Hacker adalah Seseorang yang sangat senang mengeksplorasi suatu program dari suatu system untuk untuk mengetahui batas kemampuannya, dengan mengunakan cara-cara dasar yang akan digunakan oleh orang yang tidak mengerti dan mengetahui bagaimana program itu dibuat dan dengan pengetahuan minimum

terhadap program. Hacker adalah seorang yang sangat antusias dalam membuat program, dan lebih menikmati membuat program dibandingkan berteori tentang program tersebut.
Kompetensi hacker

* seseorang yang mampu melakukan “hack”
* seseorang yang sangat baik dalam pemrograman
* ahli pemrograman, atau sering melakukan pekerjaan dengan program itu
* ahli yang tertarik dengan semua hal, contoh hacker di bidang astronomy.
* seseeorang yang senang dengan tantangan intelektual dengan ide kreatif
* seseorang yang secara sembunyi-sembunyi berusaha menemukan informasi penting dengan cara menjelajah, lebih sering di sebut sebagai cracker.

Crack

Crack adalah kegiatan.memaksa masuk kedalam suatu sistem, menghilangkan copy protection
Cracker

Cracker adalah seseorang yang mencoba masuk kedalam suatu jaringan secara paksa dengan tujuan mengambil keuntungan, merusak, dsb.dengan cara menghilangkan copy protection

3.seseorang yang melakukan kegiatan “crack”
Tujuan Cracking

Tujuan cracking adalah untuk membobol suatu sistem komputer dengan tujuan menggambil keuntungan merusak dan menghancurkan dengan motivasi tertentu.

Etika & Aturan main Hacker

Sesungguhnya jika para hacker mengikuti aturan dan etika hacking maka sangat tidak mungkin seorang hacker betulan akan membuat kerusakan di komputer. Berikut ini beberapa etika dan aturan main hacker Menurut Onno w. Purbo

* Di atas segalanya, hormati pengetahuan & kebebasan informasi.
* Memberitahukan sistem administrator akan adanya pelanggaran keamanan/lubang di keamanan yang anda lihat.
* Jangan mengambil keuntungan yang tidak fair dari hack.
* Tidak mendistribusikan & mengumpulkan software bajakan.
* Tidak pernah mengambil resiko yang bodoh selalu mengetahui kemampuan sendiri.
* Selalu bersedia untuk secara terbuka/bebas/gratis memberitahukan& mengajarkan berbagai informasi & metoda yang diperoleh.
* Tidak pernah meng-hack sebuah sistem untuk mencuri uang.
* Tidak pernah memberikan akses ke seseorang yang akan membuat kerusakan.
* Tidak pernah secara sengaja menghapus & merusak file di komputer yangdihack.
* Hormati mesin yang di hack, dan memperlakukan dia seperti mesin sendiri.

Kode Etik Hacker

* Akses ke komputer atau apapun yang dapat mengajari anda bagaimana dunia bekerja haruslah tidak terbatas. Selalu acungkan jari tengah dalam setiap bentuk imprelialisme dan pengekangan.
* Semua informasi haruslah gratis (bebas)
* Jangan pernah percaya kepada OTORITAS.
* Hackers -dan siapa-pun- haruslah dihargai dengan kemampuan Hackingnya, bukan dikarenakan bogus kriteria, seperti tingkatan, umur, dan posisi.
* Kita dapat membuat keindahan dengan komputer.
* Komputer dapat membuat hidup kita menjadi lebih baik.
* Seperti lampu ‘Aladdin’, kita dapat membuat apapun berada dalam genggaman.

Setiap Hacker sejati haruslah selalu menjalankan kode etik, walaupun tidak ada keharusan dalam menjalankannya. Namun dalam dunia itelektual, melanggar kode etik adalah suatu hal yang sangat memalukan. Ingatlah, Hacker memiliki ingatan yang baik, sekali saja anda melanggar kode etik, maka untuk kembali dan berinteraksi dengan komunitas dibutuhkan waktu yang sangat lama.

Berkembangnya komputer mini dengan harga yang semakin terjangkau membuat komunitas elektronik ini meluas. Pada saat itu (1980-han), adalah suatu kebanggaan untuk menggunakan komputer bagi remaja. Sebagian dari mereka hanya mempergunakan

komputer untuk bermain game. Namun sebagian diantara mereka tumbuh menjadi Hacker sejati melalui seleksi alam.

Saat modem menjadi sebuah kebutuhan, dan BBS (Bulletin Board System) tersebar dimana-mana. Sudah saatnya untuk mengintip keluar. Dunia virtual begitu luas. Dan komunitas kembali terbentuk.

Dalam jangkauan yang lebih luas lagi terminologi Hacker ‘baru’ terbentuk. Mereka kebanyakan remaja, memili kemampuan komputer yang tinggi, dan selalu tertarik untuk mencoba hal-hal baru. Satu-persatu komunitas kecil terbentuk, mereka tidak hanya berhubungan melalui BBS (baca: Mail Box), namun pertemuan-pertemuan ‘nyata’ mulai dilakukan. Dan untuk menegaskan eksistensi mereka, dikenallah sebuah Manifesto atau lebih dikenal sebagai ‘THE CONSCIENCE OF HACKER’. Pertama sekali dirilis dalam majalah elektronik (e-zine) Phreak-Hack (PHRACK), yang ditulis oleh ‘The

Mentor’

THE CONSCIENCE OF HACKER

Ini adalah dunia kami sekarang
Dunia-nya elektron dan switch dan keindahan sebuah baud.
Kami ada tanpa paham kebangsaan, perbedaan warna kulit, atau prasangka keagamaan.
Anda memproklamirkan perang, membunuh, dan berlaku curang, dan membohongi kami serta meyakinkan bahwa ini adalah untuk kebaikan kami, namun tetap saja kami disebut kriminal.
Ya … saya adalah seorang kriminal.
Kejahatan saya adalah rasa ingin tahu.
Kejahatan saya adalah LEBIH PINTAR dari kalian, sesuatu yang tidak pernah kalian harapkan.
Saya adalah seorang HACKER, dan ini adalah MANIFESTO-ku
Kalian bisa menghentikan saya, tapi tidak akan pernah dapat menghentikan kami semua.

Hirarki Hacker

Mungkin agak terlalu kasar jika di sebut hirarki / tingkatan hacker; istilah ini tidak sepenuhnya bisa di terima oleh masyarakat hacker. Secara umum yang paling tinggi (suhu) hacker sering di sebut ‘Elite’; di Indonesia mungkin lebih sering di sebut ‘suhu’.Sedangkan, di ujung lain derajat hackerdikenal ‘wanna-be’ hacker atau dikenal sebagai ‘Lamers’.
Elite

Juga dikenal sebagai 3l33t, 3l337, 31337 atau kombinasi dari itu; merupakan ujung tombak industri keamanan jaringan. Mereka mengerti sistemoperasi luar dalam, sanggup mengkonfigurasi & menyambungkan jaringan secara global.

Sanggup melakukan pemrogramman setiap harinya. Sebuah anugrah yang sangat alami, mereka biasanya effisien & trampil,menggunakan pengetahuannya dengan tepat. Mereka seperti siluman dapat memasuki sistem tanpa di ketahui, walaupun mereka tidak akan menghancurkan data-data. Karena mereka selalu mengikuti peraturan yang ada.
Semi Elite

Hacker ini biasanya lebih muda daripada Elite.Mereka juga mempunyai kemampuan & pengetahuan luas tentang komputer. Mereka mengerti tentang sistem operasi (termasuk lubangnya). Biasanya dilengkapi dengan sejumlah kecil program cukup untuk mengubah program eksploit. Banyak serangan yang dipublikasi dilakukan oleh hacker kaliber ini, sialnya oleh para Elite mereka sering kali di kategorikan Lamer.
Developed Kiddie

Sebutan ini terutama karena umur kelompok ini masih muda (ABG)&masih sekolah. Mereka membaca tentang metoda hacking & caranya di berbagai kesempatan. Mereka mencoba berbagai sistem sampai akhirnya berhasil & memproklamirkan kemenangan ke lainnya.Umumnya mereka masih menggunakan Grafik UserInterface (GUI) & baru belajar basic dari UNIX, tanpa mampu menemukan lubang kelemahan baru di sistem operasi.
Script Kiddie

Seperti developed kiddie, Script Kiddie biasanya melakukan aktifitas di atas. Seperti juga Lamers, mereka hanya mempunyai pengetahuan teknis networking yang sangat minimal. Biasanya tidak lepas dari GUI. Hacking dilakukan menggunakan trojan untuk menakuti & menyusahkan hidup sebagian pengguna Internet.
Lamer

Mereka adalah orang tanpa pengalaman & pengetahuan yang ingin menjadi hacker (wanna-be hacker). Mereka biasanya membaca atau mendengar tentang hacker & ingin seperti itu. Penggunaan komputer mereka terutama untuk main game, IRC, tukar menukar software prirate, mencuri kartu kredit. Biasanya melakukan hacking menggunakan software trojan, nuke & DoS. Biasanya menyombongkan diri melalui IRC channel dsb. Karena banyak kekurangannya untuk mencapai elite, dalam perkembangannya mereka hanya akan sampai level developed kiddie atau script kiddie saja.
Tips Menjadi Hacker

Untuk menjadi Hacker, yang diperlukan pertama sekali adalah keinginan. Karena yang jadi pertanyaan bukanlah ‘Apakah saya akan menjadi seorang Hacker ?’, tetapi ‘Apakah saya ingin menjadi seorang Hacker ?’. Jika anda telah memiliki keinginan, maka anda telah memiliki sebuah modal dasar sebagai pijakan anda anda dalam melangkah.

Segala sesuatu pasti dimulai dari impian, dan sudah pasti jika anda memiliki impian, anda akan mencoba untuk merealisasikannya. Intinya, sebelum melangkah yakinkan kalau anda telah miliki keinginan.
Pelajari bahasa pemprograman

Hal pertama yang harus anda pelajari adalah bahasa pemprograman. Saat ini di dalam distribusi sistem operasi Linux, terdapat beragam tool-tool berguna yang akan menunjang anda untuk belajar memprogram. Untuk mendapatkan Linux saat ini sudah sangat mudah, anda bisa membelinya secara online (www.gudanglinux.or.id), mendapatkan Copy-an CD nya dari teman. Atau jika anda mempunyai akses internet yang baik, anda bisa langsung mendownload distribusi linux situs resmi-nya, atau melalui http://www.linuxiso.com. Menurut Eric S. Raymond, bahasa pemprograman yang baik untuk anda pelajari pertama sekali adalah ‘Python’. “Desain-nya bersih, terdokumentasi dengan baik dan cukup mudah bagi pemula”
Pelajari dan kembangkan salah satu Unix OpenSource.

Mengapa Linux/Unix OpenSource begitu penting ? Ini semua tidak lepas dari semangat OpenSource itu sediri. Dengan mempelajari kode-kode yang dirilis bebas dalam sistem operasi OpenSource, kita dapat mempelajari pola pikir seorang programmer/Hacker, kita dapat menemukan cara mereka dalam meyelesaikan masalah dan mencoba mencari metoda penyelesaian masalah yang lebih baik dari apa yang mereka lakukan. OpenSource juga membantu kita dalam membangun sebuah aplikasi, sehingga kita tidak perlu direpotkan dengan ‘research’. Mereka telah melakukan-nya untuk kita, dan kita bisa memanfaatkan waktu yang tersisa untuk hal yang lebih spesifik.

“Saya bisa berpandangan jauh, karena saya berdiri di pundak orang-orang jenius terdahulu .. ” [Sir Isaac Newton]
Pelajari hal-hal baru

Banyak hal-hal baru muncul, dan setiap hal (apapun) akan memberikan kita pelajaran berarti untuk hidup dan hidup adalah HACKING. Hindarilah untuk bersikap skeptis dan mulailah untuk berpikiran terbuka. Hal-hal baru -terlebih-lebih yang begitu radikal-, banyak di tentang oleh sebagian orang skeptis, namun sebuah pemikiran terbuka akan memberikan alur yang baik dalam memperolah ilmu. Ilmu ada dimana-mana. Bahkan dalam suatu yang dianggap kotor. Sebagai contoh, coba anda bandingkan ‘kotoran’ sapi (hewan herbivora) dengan ‘kotoran’ kucing (hewan karnivora). Dapat kita lihat kalau kotoran sapi ‘lebih menggunung’ dari pada kotoran kucing, dan tidak terlepas dari itu, secara umum dapat kita tarik kesimpulan, bahwa hewan herbivora (pemakan tanaman) lebih banyak dari pada hewan karnivora (pemakan daging). Penyebab yang paling relevan untuk hal ini adalah faktor ‘makanan’. Tumbuhan yang dikonsumsi oleh hewan herbivora (dalam contoh ini sapi) mengandung ’selulose’ atau serat lebih sulit dicerna, sehingga lebih banyak meninggalkan zat sisa. Hal ini tidak berlaku pada hewan karnivora (dalam contoh ini kucing). Daging lebih mudah dicerna, sehingga hanya meninggalkan sedikit zat sisa.

Dengan sedikit imajinasi kotor, coba bayangkan hal-hal yang lebih kotor lagi untuk dianalisa dan diambil pelajarannya. Dalam lingkup komputer, pelajarilah semua hal-hal baru. Anda bisa menemukan banyak hal baru melalui artikel, journal, atau berita-berita ‘nerd’ di ’slashdot’.
Selalu gunakan logika

Berpikir dengan logika sangat diperlukan dalam Hacking. Dalam Hacking anda akan berhadapan dengan berbagai keadaan untuk dianalisa dan dipecahkan secara logika. Logika akan sangat membantu anda untuk menghidupkan kembali rasionalitas yang hilang dan berpikir membantu anda untuk hidup dan tetap hidup.
Ikuti perkembangan teknologi dan informasi

Teknologi Informasi berkembang sangat cepat. Sebuah bahasa pemprograman yang kita pelajari hari ini bisa cepat berganti dengan bahasa atau visual programming baru yang lebih mudah –baca memudahkan, alih-alih membodohkan-. Semua itu berganti seiring berlalunya waktu dan ketika kita tersadar kita sudah jauh ketinggalan.

Ada baiknya anda selalu membaca, atau minimal mendapatkan ‘digest’ dari ilmu-ilmu/info terbaru. Anda juga bisa mendapatkan informasi dari Mailing List dan NewsGroup. Dengan selalu up-to-date, anda akan selalu dekat dengan informasi.
Ketahui hal-hal yang belum diketahui

Dalam apapun didunia ini, kita harus bercermin. Buang semua prasangka dan nilai-nilai. Buang anggapan sepihak kalau ’saya adalah seorang wizard’. Duduklah sejenak dan mulai berpikir.

Apa yang saya ketahui ?Apa yang belum saya ketahui ?
Inginkah saya mengetahuinya ?
Jika ya …
Apa yang harus saya lakukan ?
Tentu saja belajar !
Mengapa hal ini begitu sulit ?
Karna anda belum memiliki pegangan yang kokoh !
Apa yang harus saya lakukan ?

Ketahui apa yang belum anda ketahui !!!!
Untuk dapat memahami komputer anda akan menemukan sesuatu yang saling berhubungan. Untuk memahami satu hal anda harus memahami dulu beberapa hal yang lain. Untuk bisa memahami cara kerja NMAP (Os Fingger Print, yang memanfaatkan urutan stack TCP/IP sebagai identifier) anda harus memahami dulu konsep pemprograman Bahasa C, anda juga harus memahami ‘pointer’, dan konsep pointer erat kaitannya dengan ’stack’, sebaiknya anda juga memiliki pemahaman stack yang baik !

Anda juga akan disibukkan dengan belajar konsep TCP/IP. Anda juga harus tahu dulu ‘dimana bisa mendapatkan info tentang TCP/IP’. Dengan begini, tariklah kesimpulan untuk mengenal segala sesuatu dan memahami serta mencari jawaban terhadap hal-hal yang tidak kita ketahui !
Terus Belajar

Yang paling penting dari semua hal diatas adalah selalu belajar. Tanpa belajar anda tidak akan mendapatkan apa-apa. Jangan pernah beranggapan jika ‘telah’ menjadi Hacker anda akan berhenti belajar, malah sebaliknya anda akan mulai belajar kembali untuk menjadi seorang Hacker yang berdedikasi. Terus belajar, dan ingatlah ketika anda berhenti sejenak dan mengenang kembali … anda telah menjadi seorang Hacker yang tangguh!.
Mengabdi kepada budaya Hacker

Setelah semuanya selesai dan anda sedang beristirahat setelah aktifitas Hacking 37 Jam yang melelahkan. Coba ingat kembali.

* Siapa yang memperkenalkan anda kepada komputer ?
* Siapa yang membimbing anda mempelajarinya ?
* Siapa yang dengan setia menemani anda mengejar informasi ?
* Siapa yang pertama sekali mengenalkan anda dengan HACKING ?
* Siapa yang mengajari anda teknik-teknik Hacking Dasar ?
* Siapa yang mengajari anda tentang bersikap dan berfikir layaknya HACKER ?
* Siapa yang membuat sistem operasi Hacker, Linux ?
* Siapa yang mengembangkannya ?
* Siapa yang membuatnya begitu mudah untuk dioperasikan dengantampilan yang begitu cantik ?
* Siapa yang telah membuat anda HADIR didunia ini ?

Bahagiakan mereka ….. Jika anda berpikir cara terbaik untuk membahagiakan mereka adalah dengan membayar mereka dengan uang, anda SALAH BESAR. Jika yang anda lakukan adalah mengucapkan ribuan terima kasih kepada mereka, juga SALAH.Cukup lakukan apa yang telah mereka lakukan. Jika anda merasa terbantu dengan dokumen ini, buat sebuah dokumen baru, buat yang lebih baik dan berbagilah dengan sesama !

Dengan melakukan hal-hal kecil yang terbaik yang bisa anda lakukan, berarti anda telah mengabdi kepada budaya Hacker itu. Dan ketika pagi datang, dan mentari memancarkan cahayanya. SUDAH WAKTUNYA UNTUK KELUAR, DAN MENGENAL DUNIA.

Download Ms-word: KSI – Hacker & Cracker

source :fairuzelsaid.wordpress.com

About Saiful Anwar

Simple, ga mau sesuatu yang berlebihan.. Cukup nikmati saja tentang diri sendiri apa adanya

Posted on 19 April 2010, in Networking. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: