Memanfaatkan Google Docs dan Tiny URL Untuk Membuat Formulir Pendaftaran Online

Google Docs? Apa itu Google Docs? Bagi yang belum tau, Google Docs merupakan sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk keperluan perkantoran, seperti mengolah kata (seperti microsoft word), pengolah data spreadsheet (seperti microsoft excel), mengolah persentasi (seperti microsoft power point) dan pengolah dataset (seperti microsoft access). Namun yang berbeda adalah, Google Docs berjalan diatas website! Yup tanpa harus menginstallnya kita bisa menjalankan Google Docs.

Tiny URL? Tiny URL merupakan website yang menyediakan solusi sebagai pemendek url website. Misal saja jika kita memiliki URL website yang panjang sekali, kita dapat memendekkannya mengugnakan Tiny URL, misal URL :

http://panjangsekali.panjangjuga.com/menghapus-jejak/dan-sekarang-aku-taksanggup/hello-ini-url-yang-sangat-panjang.php

dapan diubah oleh Tiny URL menjadi :

http://tiny.cc/pendek

Latar Belakang

Seandainya kita sedang membuat acara, lalu memerlukan data peserta yang akan mengikuti acara tersebut, pastinya kita harus membuka sebuah pendaftaran. Jika kita menggunakan cara manual, mungkin kita bisa meminta para peserta untuk datang dan mengisi formulir pendaftaran, dan jika jika menggunakan cara modern, kita bisa membuat sebuah website, lalu membuat form pendaftarannya berbasiskan website.

Cara manual, sangatlah memakan waktu, pertama harus ada yang menerima pendaftaran dan yang pasti belum tentu peserta mau untuk datang :D Sedangkan cara membuat website sangat memakan biaya, pertama harus membuat website, harus buat database untuk menampung datanya dan harus ada yang mengurus website tersebut :D Lantas bagaimana solusinya?

Google Docs adalah salah solusi untuk permasalahan ini. Dengan Google Docs, kita dapat membuat Formulir secara cepat, tanpa harus membuat website, database dan sebagainya. Hanya dengan bermodalkan memiliki akun Google, maka siapapun dapat dengan mudah menggunakan Google Docs. Selain itu data yang ditampung menggunakan Google Docs dapat diunduh menjadi file OpenOffice, Microsoft Office dan lain-lain…

Lantas Untuk apa Tiny URL

Membuat Formulir Menggunakan Google Docs

Pertama saya anggap anda memiliki akun Google, jika tidak punya anda bisa mendapatkannya hanya dengan daftar ke Google Mail. Sekarang tinggal masuk ke halaman website Google Docs :

Screenshot-Welcome to Google Docs - Google Chrome

Setelah itu masukkan username email dan password GMail kita, setelah sukses, maka akan terlihat tampilan seperti yang dibawah ini :

Screenshot-Google Docs - All items - Google Chrome

Sekarang kita buat sebuah form untuk formulir pendaftaran. Caranya lewat menu Create New -> Form, setelah itu akan muncul pengolah Form, kita hanya butuh mengubah tampilan form, dan komponen-komponen apa saja yang diperlukan sebagai input untuk data pendaftaran :

Screenshot-Edit form - [Formulir Pendaftaran Kontes Pemrograman] - Google Docs - Google Chrome

Jika telah selesai, tekan tombol Save untuk meyimpan perubahan. Lantas bagaimana cara tampilan Form nya? TInggal klik Link yang berada di bagian bawah pengolah Form, misalnya pada gambar diatas linknya adalah :

http://spreadsheets.google.com/viewform?formkey=dFNwYXNITUtROFdORnA5TE1yc1dqT2c6MA

Hasil formulis yang saya buat misalnya seperti dibawah ini :

Google Docs Formulir

Sekarang sudah selesai, namun masih ada masalah. APa itu? tentang URL, URL hasil Google DOcs sepertinya terlalu panjang (http://spreadsheets.google.com/viewform?formkey=dFNwYXNITUtROFdORnA5TE1yc1dqT2c6MA) sulit dituliskan dan diingat jika URL ini akan ditulis di Poster atau sejenisnya.

Memendekkan URL Menggunakan Tiny URL

Untuk menjalankan Tiny URL, tinggal buka saja website Tiny URL. dan untuk menggunakan website Tiny URL, kita tidak perlu melakukan pendaftaran seperti Google Docs. Tampilan websitenya seperti pada gambar dibawah ini :

Screenshot-Tiny URL - create a shorter link - Google Chrome

Setelah itu masukkan URL yang dibuat oleh Google Docs tadi ke field Enter a long URL that you want to make tiny dan masukkan nama URL yang kita inginkan di field Custom. Misal disini saya memasukkan kontes_pemrograman:

Screenshot-Tiny URL - create a shorter link - Google Chrome-1

Setelah itu tekan Tiny It, dan setelah selesai maka Tiny URL akan membuatkan URL pendek untuk kita, dan disini saya mendapatkan URL :

http://tiny.cc/kontes_pemrograman

Seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini :

Screenshot-Tiny URL - create a shorter link - Google Chrome-2

Selesai, Sekarang peserta dapat mendaftar melalui form yang telah kita buat :D

Kesimpulan

Jika para peserta telah mengisi formulir yang tadi kita buat, maka kita dapat dengan mudah mendapatkan seluruh datanya berupa spreadsheet di Google Docs seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini :

Screenshot-Formulir Pendaftaran Kontes Pemrograman - Google Chrome

dan data tersebut bisa kita download untuk dibuat di Microsoft Excel ataupun OpenOffice :D

Referensi

Sumber  : http://eecchhoo.wordpress.com/



About Saiful Anwar

Simple, ga mau sesuatu yang berlebihan.. Cukup nikmati saja tentang diri sendiri apa adanya

Posted on 12 March 2010, in Umum. Bookmark the permalink. 5 Comments.

  1. gimana Cara Menyertakan Foto dr Peserta?
    Makasih jawabannya

  2. Mantap………….
    makasii,,,… saya sudah mencobakannya,,,
    dan saatnya saya bagi2 ilmu🙂

  3. o,begitu……………
    makasii,,,… saya sudah mencobakannya,,,
    dan saatnya saya bagi2 ilmu🙂

  4. gimana cara menyisipkan gambar pada form ?

  1. Pingback: Cara Membuat Formulir Pendaftran Online « eskampiun

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: